Selasa, 08 Oktober 2013

Tutorial Membuat Buku



Di postingan kali ini saya akan berbagi mengenai bagaiman
menggunakan Ms.Word untuk membuat sebuah buku sederhana. Saya akan berbagi bagaimana cara membuat cover, daftar isi, tabel, penulisan rumus(equation), watermark dan beberapakoten lain dalam Ms.Word.
1.     Cara Membuat Cover
Apabila anda dalam mengetik di Ms.Word dan ingin menambahkan sampul halaman yang menarik atau sering di sebut cover anda dapat membuatnya dengan mudah.
Pertama, klik kursor di halaman baru kemudian pilih menu insert yang ada di menu bar kemudian pilih Cover Page dan anda dapat memilih jenis cover yang telah tersedia setelah itu anda dapat mengeditnya atau menambahkan gambar sesuai keinginan anda.
2.     Membuat Daftar Isi
Didalam sebuah buku memiliki daftar isi. Daftar isi digunakan untuk mengetahui jumlah halaman atau mencari topik yang di bahas pada di halaman tertentu. Jika anda ingin membuat daftar isi anda tinggal klik menu References di menu bar dan pilih Table of Contens di situ anda dapat membuat daftar isi.
3.     Menambah Gambar atau Clip Art
Jika anda ingin menambahkan gambar atau clip art anda dapat memilih pilihan insert kemudian pilih Picture atau Clip art nanti akan tersedia gambar atau clip art yang ter sedia pada computer atau laptop anda.
4.      Membuat Header and Footer
Jika anda inin memberi nomor pada halaman anda dapat membuat nya dengan mengklik menu insert pilih Header atau Footer. Header untu penomoran atas dan footer penomoran bawah.
5.     Membuat Equation
Untuk membuat equation atau menulis rumus anda dapat pilih menu insert kemudian klik pilihan Equation disitu anda dapat menambahkan beberapa rumus yang telah tersedia atau anda buat sendiri.
6.      Membuat Watermark
Jika anda ingin membuat tanda air atu watermark anda dapat memilih menu Page Layout kemudian pilih Watermark. Disitu anda dapat menambahkan watermark yang telah tersedia atau membutnya sendiri dengan mengklik Custom Watermark.
7.      Membuat Kolom Koran dan Dropcap
Anda dapat membaut halamn menjadi dua kolom atau lebih dengan memilih menu Page Layout pilih menu columns dan anda dapat membagi halaman menjadi dua atau lebih. Jika anda ingin membuat huruf awal paragraf  berukuran besar anda dapat memblok huruf awal paragraf dan kemudian pilih menu Insert pilih pilihan Drop Cap.
8.      Menambahkan Bulet and Numbering dan Tabel
Untuk membuat penomoran kalimat anda dapat menambahkan Bulet and Numbering di menu Home pada pilihan Paragraph. Untuk menambahkan tabel pilih menu Insert pilih Table kemudian tentukan berapa kolom dan baris yang anda inginkan.
9.     Menambahkan Foot Note (Catatan Kaki)
Untuk menambahkan catatan kaki tempatkan pointer pada huruf atau kalimat yang ingin di buat catatan kaki. Setelah itu klik menu References dan pilih Insert Footnote setelah itu anda isikan footnote di bagian bawah paragraf.
Itulah beberapa cara membuat buku dengaan Ms.word.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar